Kamis, 10 Juni 2010

Terios TS Matik Lebih Mahal Rp13,7 Juta


JAKARTA- Bila mencermati banderol antara Daihatsu Terios TS bertransmisi manual dengan Terios TS transmisi matik, maka perbedaan harganya mencapai Rp13,7 juta. Apa saja yang didapat konsumen?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berdalih, Terios TS matik yang dihadirkan memiliki beberapa fitur optional. "Jadi selama ini kita punya varian Terios TS biasa dan TS ekstra, dan boleh dibilang ini diambil Terios TS ekstra," kata Domestic Marketing Division ADM, Elfina Afny ketika ditemui di sela peluncuran Daihatsu Terios TS matik di Mall Kelapa Gading, Jakarta, Senin (18/1/2010).

Dia menuturkan, beberapa fitur pada Terios TS ekstra dihadirkan untuk tipe transmisi otomatik ini. Di antaranya grill ornamen beraksen krom, side step, AC single blower, serta audio 2DIN. "Kalau Terios TS biasa tidak ada AC," ucap Elfina.

Karena itulah, tambah dia, perbedaan harga antara Terios TS manual dengan TS matik cukup tinggi. "Beberapa item optional itu memang membuat harganya lebih tinggi. Beda dengan yang terjadi antara Xenia 1.300 cc manual dan otomatik," tegas dia.

Lalu, dengan harga Rp166,6 juta konsumen juga harus puas dengan performa Terios TS matik ini, sebab, ADM selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Daihatsu tetap menggunakan mesin yang sama dengan varian Terios lainnya.

Selain itu, tampilan eksterior maupun interior tak ada perbedaan sama sekali dengan Terios lain. Nuansa beige masih menghiasi kabin Terios TS matik, baik di door trim, plafon, karpet lantai, hingga ketiga baris joknya yang sanggup memuat tujuh penumpang.

Namun untuk panel indikator, kini terpampang indikator gear position yang tersusun bertumpuk mulai dari P, R, N, D, 3, 2, L. Indikator ini menunjukkan posisi gigi pada transmisi berbentuk gate tipe yang juga mirip dipakai di Xenia matik.

Di eksteriornya juga tidak ada sama sekali perubaan yang coba dihadirkan ADM. Semua inci dari lekuk tubuh small SUV ini sama persis dengan Terios TS ekstra. Hanya saja, ada tambahan emblem "AT" disamping tulisan TS Extra yang menempel di bagian belakang Terios ini.